top of page

Mengenal Teknologi VAR di Piala Dunia 2018

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

PT BESTPROFIT FUTURES - Jakarta, CNN Indonesia -- Piala Dunia 2018 kembali menggunakan teknologi VAR (video assistant referee). Sesuai namanya, teknologi ini digunakan untuk menjadi asisten wasit dalam mengawasi jalannya pertandingan lewat rekaman video. - PT BEST PROFIT FUTURES Disebut asisten karena teknologi ini membantu wasit menganalisis sebuah pelanggaran di lapangan dari video-video yang dipasang di lapangan selama pertandingan. - PT BESTPROFIT Kejadian pelanggaran seringkali terjadi begitu cepat. Dengan adanya rekaman video, wasit bisa meninjau ulang kejadian itu dan memberikan keputusan yang lebih tepat. Tapi kamera tidak hanya digunakan untuk meninjau peristiwa kejadian saja. Ada juga kamera 3D yang digunakan untuk mengawasi garis offside secara virtual. - PT BESTPROFIT Cara penggunaan Wasit menepi untuk menyaksikan tayang ulang video VAR untuk melakukan evaluasi (FIFA)

Ketika terjadi satu dari empat peristiwa diatas terjadi, wasit akan memberitahu tim asisten wasit VAR. Bisa juga tim VAR yang akan merekomendasikan wasit bahwa ada insiden yang harus ditinjau ulang. - BESTPROFIT FUTURES Tim asisten wasit VAR akan memberitahu wasit lewat headset soal apa yang tampak dari rekaman video. Wasit bisa menerima begitu saja penjelasan dari tim VAR atau memutuskan untuk melihat sendiri video-video tersebut di pinggir lapangan sebelum mengambil keputusan. Mengenal Teknologi VAR di Piala Dunia 2018Wasit juga bisa membuat pertimbangan berdasarkan arahan dari petugas VAR lewat headset (FIFA) Untuk Piala Dunia 2018 di Rusia, asisten wasit bekerja di Video Operation Room (VOR) di International Broadcast Center (IBC), Moskow. Tim ini terdiri dari satu orang VAR dengan tiga asisten VAR. - BEST PROFIT FUTURES Selain itu ada juga empat Reply Operator yang akan menyediakan gambar video terbaik sebagai bahan tinjauan. Mereka mengawasi 33 kamera yang ditempatkan di tiap lapangan yang digunakan untuk pertandingan. Mengenal Teknologi VAR di Piala Dunia 2018VOR ditempatkan di Moskow untuk memantau semua pertandingan yang terjadi di tiap stadion (FIFA)

Dari 33 kamera, 12 kamera merupakan kamera yang bisa menayangkan gerakan lambat super. Sementara empat kamera lainnya bisa menampilkan gerakan ultra lambat. - BPF Dua kamera ultra lambat ditempatkan di belakang tiap gawang. Sementara dua lainnya ditempatkan di area offside. Sedangkan kamera biasa lainnya digunakan untuk penilaian subjektif, misal apakah bola menyentuh tangan atau tidak. - BESTPROFIT Mengenal Teknologi VAR di Piala Dunia 2018Denah penempatan kamera untuk mendukung teknologi VAR (FIFA)

Tim VAR punya akses ke seluruh kamera di lapangan, termasuk kamera-kamera yang dipasang oleh Media Right Licensees. Ini adalah kamera yang dipasang oleh tim yang didukung oleh MRL tersebut dan bukan jadi bagian dari kamera media televisi. - BESTPROFIT Tapi tim ini tak memiliki akses ke kamera yang tidak merekam jalannya pertandingan, misal kamera pada helikopter. FIFA juga sudah mengembangkan agar sistem VAR bisa diakses oleh televisi, komentator, dan infotainment. Sumber: cnnindonesia

RECENT POST
bottom of page