top of page

Prediksi Spesifikasi Kapal Perang India di Laut China Selatan

PT. BESTPROFIT FUTURES


India diam-diam mengerahkan kapal perang ke Laut China Selatan (LCS). Meski belum ada informasi terkait jenis kapal perang yang dikerahkan, berbagai portal berita online di luar negeri menyebut kapal perang itu disenjatai oleh misil supersonic anti kapal BrahMos. Misil BrahMos yang membuat China meradang itu dianggap merupakan misil anti pesawat yang paling mematikan di dunia. Dilansir dari berbagai sumber, ada 4 kelas kapal perang India yang memiliki misil BrahMos. Berikut keempat kelas kapal perang India yang diprediksi susul Amerika Serikat untuk dikirim ke LCS. BESTPROFIT

1. Kapal perusak kelas Rajput Kapal perang kelas Rajput memiliki berat 3,9 ribu ton dengan panjang 146,5 meter, dan lebar 15,8 meter. Kapal ini mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 35 knots atau 65 km per jam. Kapal mampu menjalani misi sejauh 4,8 ribu km hingga 8,3 ribu km. Kapal diawaki oleh 320 prajurit. Kapal kelas Rajput disenjatai oleh misil anti kapal seperti SS-N-2D Styx AShM, misil Brahmos, hingga misil balistik Dhanus. Kapal juga memiliki senjata anti pesawat S-125M dan Barak SAM. Dilansir dari Militaryfactory, untuk senjata mesin, kapal dibekali dengan 76,3 mm main gun, 30 mm AK-230 CIWS, hingga AK-630M CIWS. Saat ini ada empat kapal kelas Rajput yang aktif digunakan di Angkatan Laut India. PT. BESTPROFIT 2. Kapal fregat Talwar Tiga kapal fregat kelas Talwar, INS Teg, INS Tarkash, INS Trikand juga dibekali dengan misil BrahMos. Kelas Talwar merupakan kapal fregat milik India yang telah mengabdi di Angkatan Laut India sejak 2003 lalu. Kapal kelas Talwar memiliki karakteristik umum dengan berat 3,8 ribu ton, panjang 124,8 meter, dan lebar 15,2 meter. Kapal mampu melaju dengan kecepatan maksimum 32 knots atau sekitar 59 km per jam. Kapal mampu menjalani misi dari 2,6 ribu km hingga 7,8 ribu km. Kapal kelas Talwar diawaki oleh 180 prajurit. Kapal ini dibekali dengan persenjataan Shtil-1 medium range missiles, Igla-1E (SA-16), VLS launched Klub, anti-ship cruise missiles, hingga VLS BrahMos. Saat ini ada enam kapal kelas Talwar yang aktif.

3. Kapal fregat kelas Shivalik Kapal ini merupakan kapal perang siluman pertama yang dibuat oleh India. Kapal ini telah ditugaskan di Angkatan Laut India sejak 2012. Secara umum, kapal ini memiliki berat 6,2 ribu ton dengan panjang 142,5 meter dan lebar 16,9 meter. PT. BEST PROFIT Dilansir dari Naval Technology, kapal mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 32 knots atau sekitar 59 km per jam dengan jangkauan misi hingga 9 ribu kilometer. Kapal diawaki oleh 257 prajurit. Kapal kelas Shivalik dibekali dengan senjata anti kapal, anti pesawat hingga anti kapal selam seperti VLS launched Barak 1 missiles, Shtil-1 medium range missiles, VLS launched BrahMos, OTO Melara 76 mm, AK-630 CIWS, hingga 2 DTA-53-956 torpedo launchers. 4. Kapal perusak kelas Kolkata Kapal kelas Kolkata merupakan kapal perusak terbesar yang ada di jajaran Angkatan Laut India. Kapal ini telah mengabdi di AL India sejak 2014. Secara umum, kapal memiliki berat 7,4 ribu ton dengan panjang 163 meter dan lebar 17,4 meter. Kapal mampu melaju dengan kecepatan maksimum 30 knots atau 56 km per jam. Kapal kelas Kolkata mampu menjalani misi dengan jarak hingga 15 ribu km. Kapak diawaki oleh 40 perwira dan 350 prajurit. BEST PROFIT Dari segi persenjataan, kapal dibekali dengan 8-cell VLS Barak 8 missiles, 8-cell UVLM BrahMos missiles, 76 mm gun Oto Melara SRGM, hingga RBU-6000 anti-submarine rocket launchers. Sesungguhnya ada dua kelas kapal perang India yang juga dilengkapi oleh BrahMos, yakni kapal perusak siluman Visakhapatnam dan kapal fregat Nilgiri. Akan tetapi kedua kapal masih dalam tahap pembangunan dan uji coba.


Sumber : cnnindonesia

RECENT POST
bottom of page